//
you're reading...
Anda Sebaiknya Baca

Marketing Sesuai Ilmu Psikologi

Marketing itu mirip dengan bela diri.
Dalam ilmu beladiri, punya konsep dasar yang penting lawannya ‘gledak’ (KO) . Apapun tehniknya yang penting harus lebih cepat, lebih bertenaga dan ‘nglethak’. Kalau tehniknya bagus tapi musuhnya nggak ngletak-nglethak berarti tehniknya itu belum bagus.
Apa kuncinya agar bisa membuat ‘ngledak’ ? Kuncinya bela diri adalah speed dan power. Ilmu marketing juga banyak alirannya, namun berikut ini adalah beberapa ilmu yang bisa to the point ke market agar konsumennya bisa membuat ‘ngledak’ ( tepat sasaran ).

Gimana sih marketing yang benar ?
Marketing yang bisa membuat ‘ngledak’ pasar adalah : sebuah penawaran yang menarik ( mudah , cepat dan nikmat) dan dipercaya, sampai-sampai orang yang tidak membelinya kesannya Goblok.

Misalkan contoh iklan promo ‘ Bakso + Teh Botol Rp.7000 ‘ pembeli berpikir wah murah banget, teh botol saja sekarang harganya udah 3000. Berarti baksonya 4.000. Untung nih kita beli disini.
Padahal teh botolnya kalau beli grosiran bisa 1.700.

Contoh lainnya : ‘Beli emas dua gram hadiah payung seharga 40.000’. Pembeli berpikir rugi kalau nggak beli emas disini, dapet payung 40.000 sama emasnya bisa dijual lagi. Padahal payung kalau grosiran harnya dibawah 10.000. Dan kalau emasnya dijual lagi juga kena potongan 10.000 per gramnya.

Marketing harus make ilmu psikologi. Mau tau gimana psikologinya ?
Berikut ini psikologi market yang unik namun real terjadi dimasyarakat:

1. Mahal = Bagus.

Biar terkesan mahal, naikkan harganya terus kasih discount. Pembeli merasa senang mendapet ‘barang mahal’ dan ‘diskon’ an.
Konsumen lebih senang membeli Kaos Rp 90.000 dengan disc 50 %, daripada membeli kaos seharga Rp. 45.000 tanpa diskon. Baik diterapkan untuk toko busana, toko perhiasan, souvenir , cindera mata. Apalagi tokonya di mall, di bandara. Jangan ragu kasih harga mahal + diskon.

Pembuatan diskonnya juga ada caranya :
Caranya dengan mengikutkan event- event tertentu .

contoh : ” Dalam rangka…….. ” atau “Memperingati ….. kami berikan diskon …”

Misal : ” lebaran dah dekat , baju baru, diskon gede! ” , atau ” Dalam rangka ulangtahun toko ke 100 kami berikan diskon 100 % hahaha , pokoknya begitu lah gan bisa agan sesuaikan sendiri mau ngasih promo giman

2. Timbal Balik.

Berikan lebih dahulu maka anda akan diberi. Misalkan anda mempunyai bengkel mobil, Gartiskan ongkos Ganti Oli, maka konsumen akan membeli olinya ditoko anda. atau misal menawarkan Cek angin ban ,maka bila kurang tambahlah anginnya sebagai free service .

Anda harus memperhatikan hal sepele namun memberi kesan lebih bagi konsumen.

3. Ikut-ikutan, yang penting rame dulu.

Pernah anda ikut-ikut sekedar ingin tahu ketika ada orang berkerumun menonton sesuatu ?
Ikut-ikutan lihat barang di Mall yang dikerumunin orang ?
Ikut-ikutan memperlambat jalan ngelihat kerumunan orang lagi nonton mobil kecemplung selokan ?

Itulah sifat manusia, ingin tahu saja. Jadi kalau Anda mau launcing harus rame.

Agar rame harus saat pembukaan harus Aneh, ada Penawaran, Menarik dan Dipercaya. Anda bisa menggunakan strategi Mie + Teh Botol Rp. 7000, Beli emas dapet Payung seharga 40.000. Cuci Ulang Mobil Gratis, kalau besok hujan. Cuci mobil gratis.
Biarkan antrian mobil yang mo gratis nyuci parkir diluar atau badan jalan yg akan jadi biang kemacetan maka Jadinya pengendara yang lain akan bertanya ” Ada apa sih kok tumben macet? …
“Ooo ada Gratisan Nyuci Mobil/Motor ya, ikutan ah”.

Nah, kalau rame orang datang, maka orang-orang yang tadinya cuman sekedar lewat jadi penasaran lihat kerumuman ditempat yang baru.

4.

Advertisements

About bung_roy

Seseorang yang sedang mengejar mimpi2 nya. Dan berusaha keras agar mimpi2 tersebut menjadi kenyataan. Berharap suatu saat bisa berhaji dengan bapak-ibu dan istri. Serta punya ambisi untuk bisa menginjakkan kaki pertama di Mekkah sebelum kota2 lain di LN. Mimpi2 yang lain adalah bisa menulis sebuah buku (tapi tentang apa belum tahu, hehe…) dan juga punya usaha di bidang kuliner/ punya semacam butik (kalau yang ini mimpi istri ) atau jenis bisnis lainnya. Dan ingin sekali resign dari pekerjaan setelah itu. Kini sedang berikhtiar serta menunggu doa2 nya diijabah oleh Allah. Aamiin!

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: