//
you're reading...
CasCIscUS

Download Psikotest dan TPA (gratis)

Paket Modul/ kumpulan soal psikotest dan Tes Potensi akademik (TPA) ini dulu saya beli secara online untuk menghadapi USM D4 STAN tahun 2009. Dan alhamdulillah lulus. Saat ini, banyak tes melanjutkan pendidikan S2, kenaikan pangkat , tes penerimaan CPNS dan tes lainnya menggunakan Psikotest dan TPA juga. Dan insya Allah saya akan bagi gratis kepada Anda, siapa tahu Anda atau saudara atau teman atau siapapun orang dekat anda membutuhkan. silahkan di download asalkan tidak diperjual belikan.

Silahkan DOWNLOAD DISINI.

Apa itu Psikotest & TPA?

Psikotes

Definisi Tes Psikologi atau lebih dikenal sebagai Psikotes adalah tes untuk mengukur aspek individu secara psikis. Tes dapat berbentuk tertulis, visual, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur fungsi kognitif dan emosional. Tes dapat diaplikasikan kepada anak-anak maupun dewasa. Tes ini dapat berbentuk tertulis, proyektif, atau evaluasi secara verbal yang teradministrasi untuk mengukur fungsi atau kemampuan kognitif dan emosional seseorang.

 

Tujuan Tes Psikotes digunakan untuk mengukur berbagai kemungkinan atas bermacam kemampuan secara mental dan apa-apa yang mendukungnya, termasuk prestasi dan kemampuan, kepribadian, intelegensi, atau bahkan fungsi neurologis, dan juga tes psikotes digunakan untuk mengukur berbagai kemungkinan atas bermacam kemampuan orang secara mental dan faktor-faktor yang mendukungnya, termasuk prestasi dan kemampuan, kepribadian, dan intelegensi. Jadi sederhananya, psikotes adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk mengetahui gambaran seseorang mulai dari kemampuan kognitifnya, kondisi emosinya, kecenderungan-kecenderungan sikap dan hal-hal yang mempengaruhi kecenderungan tersebut.

Jadi dalam psikotes, kemampuan yang diukur tidak melulu terkait dengan IQ seseorang. Selain tes IQ ada juga tes kepribadian, dan wawancara. Dari integrasi tes-tes tersebut, maka akan diperoleh gambaran mengenai orang yang di tes yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan.

Aplikasi Tes Psikologi dapat dilakukan pada bermacam setting termasuk rekrutmen dalam perusahaan, mengetahui minat dan bakat anak / siswa, tujuan klinis, perkembangan anak, atau kustomisasi design dan modul dalam pelatihan / training.

 

Tes Potensi Akademik (TPA) adalah sebuah tes yang bertujuan  untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang keilmuan (akademis). Tes ini juga sering dihubungkan dengan kecerdasan seseorang. Tes Potensi Akademik ini juga identik dengan tes GRE (Graduate Record Examination) yang sudah menjadi standar internasional.

Saat ini, TPA  telah menjadi tes standar penyaringan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), rekrutmen karyawan swasta, serta karyawan BUMN. Bahkan kenaikan jabatan setingkat manajer di berbagai perusahaan juga mempersyaratkan karyawannya mencapai TPA dengan skor minimum tertentu. Tes Potensi Akademik juga umum dipakai sebagai tes penerimaan mahasiswa untuk jenjang S2 dan S3.

Adapun, Tes Potensi Akademik ini umumnya memiliki empat jenis soal. Yaitu, tes verbal atau bahasa, tes numerik atau angka, tes logika, dan tes spasial atau gambar.

Tes verbal berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata.

Tes angka berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka, dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmetik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka dan tes angka dalam cerita.

Tes logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita dan tes logika diagram.

Sedangkan tes spasial atau tes gambar, berfungsi mengukur daya logika ruang yang dimiliki seseorang. Tes ini meliputi antara lain tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokan gambar, tes bayangan gambar dan tes identifikasi gambar.

sumber: ini dan ini

 

Oh iya hampir lupa, pasword nya : MODULTES

Semoga bermanfaat!


Advertisements

About bung_roy

Seseorang yang sedang mengejar mimpi2 nya. Dan berusaha keras agar mimpi2 tersebut menjadi kenyataan. Berharap suatu saat bisa berhaji dengan bapak-ibu dan istri. Serta punya ambisi untuk bisa menginjakkan kaki pertama di Mekkah sebelum kota2 lain di LN. Mimpi2 yang lain adalah bisa menulis sebuah buku (tapi tentang apa belum tahu, hehe…) dan juga punya usaha di bidang kuliner/ punya semacam butik (kalau yang ini mimpi istri ) atau jenis bisnis lainnya. Dan ingin sekali resign dari pekerjaan setelah itu. Kini sedang berikhtiar serta menunggu doa2 nya diijabah oleh Allah. Aamiin!

Discussion

33 thoughts on “Download Psikotest dan TPA (gratis)

  1. iwan, pasword untuk pdf nya donk

    Posted by iwan | 27/07/2011, 7:01 am
  2. mas untuk Panduan-Tes-Potensi-Akademik.pdf passnya knpa tidak bisa ya..??

    Posted by radit | 03/02/2012, 11:50 pm
  3. Assalamu’alaikum wr wb, mas, makasi banyak yah buat ebooknya, saya pas cari2 pas nemu, gratis lagi, mudah2an Allah SWT membalas kebaikan mas berlipat-lipat dan segera mengabulkan smua mimpi2 yg disebut diatas tadi, amin ya Rabbal alamin 🙂

    Posted by Arry | 27/04/2012, 10:01 am
  4. terima kasih sangat bermanfaat.. hehehe

    Posted by lia | 10/08/2012, 7:42 pm
  5. Terima kasih, sangat bermanfaat dan semoga berkah. Amin 🙂

    Posted by miftahul jannah | 21/10/2012, 10:07 am
  6. mas, ijin download ya 🙂
    smga bisa membantu mengikuti test2 selanjutnya.

    Posted by Defrina | 21/10/2012, 8:14 pm
  7. wah..alumni stan ya mas…
    Terima kasih modulnya buat test besok sebelum magang..hehe

    Posted by hery | 02/01/2013, 7:22 am
  8. Terima kasih atas modulnya.. semoga saya bisa lulus dari uji psikotes dll.. 🙂

    Posted by ika | 27/01/2013, 11:56 am
  9. wah makasi ya mas, sangat membantu sekali…

    Posted by dhesy | 22/02/2013, 2:42 pm
  10. assalaamu’alaikum warohmatuloh, maaf mas, pdf nya tak bs dibuka

    Posted by asdariah | 20/03/2013, 8:03 pm
  11. wa’alaykum salam. ada passwordnya mbak…pasword nya : MODULTES

    tks

    Posted by bung_roy | 27/03/2013, 7:06 am
  12. bg, sulit bg di download file nya.. 😦

    Posted by Sri E.P | 03/10/2013, 3:36 am
  13. @Sri EP: saya koq bisa ya? coba ganti browsernya, ganti mozila atau crome. semoga bisa ya…

    Posted by bung_roy | 12/11/2013, 1:18 am
  14. trimakasi banyak semoga tuhan membalas kebaikan dan ketulusan anda , amin

    Posted by zaenal abidin | 27/01/2014, 2:10 pm
  15. kok passwordnya gak bisa ya untuk semuanya?? sdh coba masukin “MODULTES” maupun “modultes”

    Posted by meiry | 12/03/2014, 8:39 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: