//
you're reading...
CasCIscUS

Soto Betawi

soto betawi dan segelas teh hangat

Soto betawi memang mantabs, selain kuahnya yang kental juga rasanya yang gurih. Anda yang pernah merasakan rasa soto ini pasti akan setuju. Dulu pertama kali saya makan soto ini sekitar tahun 2007, tepatnya di daerah Bogor, pinggir jalan dekatnya Factory Outlet Blossom. Waktu itu, saya ditraktir makan sama si Boss, jadi ga kepikiran tentang harga. Semenjak tahu rasanya, saya pengin banget mencobanya lagi.

Dua hari yang lalu, saya mencoba soto betawi ini. Tempatnya di di pinggir jalan Ceger, antara Japos dan Arinda – pondok Aren. Untuk penampakannya seperti terlihat pada gambar di atas. Saya memilih soto campur, padahal sama ibu penjualnya ditawarin soto daging juga. Dengan porsi segitu, sudah cukup bikin perut terasa kenyang.  Rasanya sih enak, gurih, dengan kuah yang kental tentunya. Singkatnya: maknyus pokoknya… Tapi kalo soal harga jangan di tanya, maknyus juga :D. Untuk satu mangkok soto, sepiring nasi, sama teh anget harganya Rp19.000,_. Tentu saja harga segitu sempat bikin kantong cenut-cenut, maklum kantong mahasiswa ….

ngomong-ngomong soal soto betawi, ini ada resepnya bagi yang mau membikinnya di rumah. monggo:

Bahan yang diperlukan:
500 gram daging sapi.
1/2 butir Kelapa, parut dan ambil santannya (santan kental).
3 Butir Telur rebus.
3 Buah Kentang rebus.
2 Buah Tomat ukuran sedang.
Jeruk Nipis secukupnya
Bawang Goreng secukupnya.
1 batang Daun Bawang iris kecil-kecil.
1 ruas Lengkuas
Batang Sereh, memarkan
3 lembar Daun Jeruk
Garam, gula secukupnya

Bumbu yang dihaluskan: 
5 Siung Bawang merah
3 Siung Bawang Putih
5 Buah Kemiri
1 cm Kunyit, bakar sebentar untuk mengeluarkan aromanya
1cm Jahe

Cara memasak:
1. Rebus daging sapi dalam 2 lt air sampai empuk, kemudian potong daging sesuai dengan selera, disarankan untuk memotongnya dengan ukuran dadu. Jangan buang kaldunya.
2. Panaskan sedikit minyak, kemudian setelah panas tumis bumbu yang telah dihaluskan sampai mengeluarkan aroma yang harum. Setelah harum masukan daging yang telah dipotong-potong sebelumnya.
3. Aduk-aduk sampai rata kemudian tambahkan lengkuas, daun jeruk, sereh, dan yang terakhir garam dan gula.
4. Masukkan tumisan bumbu dan daging tersebut ke dalam kaldu rebusan daging. Kemudian tambahkan santan kental dan aduk sesekali. 5. Masak sampai daging empuk dan kuah sedikit menyusut.

Cara penyajian:
Dalam mangkok saji isikan dengan telur rebus iris, kentang rebus iris, dan tomat iris. Tambahkan daging dan kuah soto kemudian taburi daun bawang, bawang merah goreng, dan berikan sedikit air jeruk nipis sesuai dengan selera. Jika suka, Anda bisa menambahkan taburan emping melinjo.

Sambal Soto Betawi:
Sambal yang digunakan bisa apa saja sesuai dengan selera. Namun rekomendasi resep sambal untuk soto betawi sebagai berikut:
5 Buah Cabe Merah besar di goreng, haluskan cabe merah tersebut kemudian beri sedikit garam dan tambahkan sedikit kuah soto.

http://www.squidoo.com/resep-soto-betawi

 

 

 

Okey, bagi Anda pecinta kuliner, patut untuk mencoba juga  soto betawi ini.

 

 

Advertisements

About bung_roy

Seseorang yang sedang mengejar mimpi2 nya. Dan berusaha keras agar mimpi2 tersebut menjadi kenyataan. Berharap suatu saat bisa berhaji dengan bapak-ibu dan istri. Serta punya ambisi untuk bisa menginjakkan kaki pertama di Mekkah sebelum kota2 lain di LN. Mimpi2 yang lain adalah bisa menulis sebuah buku (tapi tentang apa belum tahu, hehe…) dan juga punya usaha di bidang kuliner/ punya semacam butik (kalau yang ini mimpi istri ) atau jenis bisnis lainnya. Dan ingin sekali resign dari pekerjaan setelah itu. Kini sedang berikhtiar serta menunggu doa2 nya diijabah oleh Allah. Aamiin!

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: