//
you're reading...
Anda Sebaiknya Baca

Mitos tentang raksasa

raksasa sedang mengangkat tong 😀

Konon, pernah ada seorang raksasa yg tinggal di sebuah desa. Namanya sebagai raksasa yg tak pernah terkalahkan, sudah terkenal kemana-mana. Suatu ketika, berita kehebatan raksasa itu sampai ke telinga seorang raksasa yg menetap di sebuah desa lain. Di dorong keinginan bersahabat, ia menyurati sang raksasa yg mansyhur itu.

Tapi sambutan raksasa mahsyur itu justru tudingan: si penyurat telah berlaku lancang terhadap sang raksasa. Mendapat sambutan yg merendahkan martabat keraksasaannya, ia nail pitam. Dia bertekad balas dendam.

Dengan langkah raksasa ia berjalan menuju kampung raksasa sombong yg mahsyur itu. Ia punya satu tekad: raksasa yg sombong itu harus diberi pelajaran bagaimana menghargai  perasaan orang lain.

Langkahnya menggoncang bumi. Dan goncangan bumi itu juga dirasakan raksasa sombong itu. Sebuah ilustrasi tiba-tiba muncul dibenaknya: ini pasti bukan raksasa biasa. Lalu, tiba-tiba rona wajahnya berubayh pucat. Keangkuhannya luluh lantak mendengar goncangan bumi.

Melihat ketakutan suaminya, sang istri cepat tanggap. Disuruhnya suaminya masuk kamar dan berselimut. Ketika sang raksasa penantang datang dan mengamuk, sang istri segera menyuruhnya diam. Katanya: ’Diam! Bayiku sedang tidur. Lihat tuh kakinya!’

Raksasa penantang yg tak kenal takut itu melihat dua buah kaki yg sama besarnya dengan kedua kakinya. Sebuah ilustrasi tiba-tiba muncul di benaknya: ’kaki bayinya saja sebesar ini, bagaimana dengan ayahnya?’ lalu dia diam sejenak, dan permisi pulang.

Ini mitos yg di buat-buat. Tapi mitos ini punya indikasi psikologis yg sangat kuat. Kedua raksasa itu sama-sama mengambil keputusan dan menentukan sikap dari ’kesan’ yg tercipta di benaknya tanpa penelitian emphiris yg objectif.

Jadi, segala sesuatu bisa jadi hanya mitos, yg belum tentu kebenarannya. Misalnya: saya tidak bisa sukses, kemampuanku pas pasan, pesaing kita hebat & tidak bisa dikalahkan dll. Intinya: kita positive thinking aja, … smangat!

[by: am]

Advertisements

About bung_roy

Seseorang yang sedang mengejar mimpi2 nya. Dan berusaha keras agar mimpi2 tersebut menjadi kenyataan. Berharap suatu saat bisa berhaji dengan bapak-ibu dan istri. Serta punya ambisi untuk bisa menginjakkan kaki pertama di Mekkah sebelum kota2 lain di LN. Mimpi2 yang lain adalah bisa menulis sebuah buku (tapi tentang apa belum tahu, hehe…) dan juga punya usaha di bidang kuliner/ punya semacam butik (kalau yang ini mimpi istri ) atau jenis bisnis lainnya. Dan ingin sekali resign dari pekerjaan setelah itu. Kini sedang berikhtiar serta menunggu doa2 nya diijabah oleh Allah. Aamiin!

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: