//
you're reading...
Pojok religius & nasehat

Nyalakan Lilin

jagalah nyala lilin, agar ia bisa tetap menyinari kegelapan di sekitarnya

Apa arti lilin dalam sebuah kehidupan? Mungkin ini terlalu jarang dipertanyakan. Sebab, lilin hanya sebuah benda kecil. Kegunaannya baru nampak ketika lampu listrik di rumah kita padam. Tapi, lilin adalah cahaya. Dan cahaya adalah sebentuk materi. Kebalikannya adalah gelap. Yang terakhir ini bukan materi. Ia tidak memiliki daya. Ia adalah keadaan hampa cahaya. Karena itu, meskipun kecil, lilin selalu dapat mengusir gelap.

Allahmemisalkan petunjuk dengan cahaya, kesesatan sebagai gelap. Ini mengisyaratkan,  pasukan kesesatan tak memiliki sedikitpun daya di depan pasukan cahaya. Ia hadir ketika pasukan cahaya menghilang. Sepanjang sejarah, umat kita mengalami kesesatan ketika roda ”harakah dakwah” berhenti bergerak.

Disini tersirat sebuah kaidah dakwah. Bahwa gelap yg menyelimuti langit kehidupan kita, sebenarnya dapat diusir dengan mudah, bila kita mau menyalakan lilin dakwah kembali. Berhentilah mengikuk gelap. Ia toh tak berwujud dan tak berdaya. Kita tak perlu memanggil matahari untuk mengusirnya. Tidak juga bulan.

Tak ada yg dapat kita selesaikan dengan kutukan. Adalah lebih baik menyalakan sebatang lilin daripada mengutuk kegelapan. Akhirnya, katakanlah! Telah datang kebenaran. Sesungguhnya kebathilan itu pasti sirna.

-adobted from “arsitek peradapan”-

ditulis ulang dari my former blog.

Advertisements

About bung_roy

Seseorang yang sedang mengejar mimpi2 nya. Dan berusaha keras agar mimpi2 tersebut menjadi kenyataan. Berharap suatu saat bisa berhaji dengan bapak-ibu dan istri. Serta punya ambisi untuk bisa menginjakkan kaki pertama di Mekkah sebelum kota2 lain di LN. Mimpi2 yang lain adalah bisa menulis sebuah buku (tapi tentang apa belum tahu, hehe…) dan juga punya usaha di bidang kuliner/ punya semacam butik (kalau yang ini mimpi istri ) atau jenis bisnis lainnya. Dan ingin sekali resign dari pekerjaan setelah itu. Kini sedang berikhtiar serta menunggu doa2 nya diijabah oleh Allah. Aamiin!

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: