//
you're reading...
CasCIscUS

Jepang, bangsa yang mengagumkan!

Jepang adalah salah satu Negara maju di dunia. Selain negara yang mampu menguasai teknologi canggih, di bidang ekonomi jepang memilili produk domestil bruto (PDB) nomor 2 terbesar di dunia setelah USA. Dan saat ini, dunia sedang melihat satu lagi sisi yang mengagumkan dari bangsa jepang: tentang ketangguhannya dalam menghadapi bencana.

Tepat tanggal 11 Maret 2011, Jepang dilanda gempa besar 8,9 skala Richter. Gempa ini juga menyebabkan terjadinya tsunami setinggi 4 meter yang menerjang sebagian wilayah pantai timur Jepang. Bahkan korban diperkirakan lebih dari 10.000 orang, selain kerusakan infrastruktur yang ada. Dan tidak hanya itu, gempa dan tsunami ini juga menyebabkan kebocoran reactor nuklir di Fukushima. Bencana kebocoran reactor nuklir ini bisa menyebabkan bencana kemanusiaan yg lebih hebat daripada yang ditimbulkan oleh gempa/ tsunami yg telah terjadi. Dan beban bencana yg dialami Jepang bertambah berat.

Di tengah bencana yang bertubi-tubi menimpa jepang, dunia melihat sisi yang mengagumkan dari Jepang. Dan dunia layak belajar dari bangsa satu ini. Tentang ketangguhan, tentang kerja keras, tentang pantang menyerah, tentang ketabahan, tentang solidaritas, tentang gotong royong, dan masih banyak lagi.

Beberapa hal yang dapat direkam dari sisi lain bangsa Jepang menghadapi bencana diantaranya:

 

# Media. Media Jepang menayangkan peringatan pemerintah untuk waspada, tips menghadapi bencana,  liputan pemerintah & warga yang bahu membahu selamatkan korban, pejabat tampil di TV pakai baju lapangan serta nomor darurat yang bisa dihubungi 24 jam.

 

# Media. Media tidak menayangkan lagu sedih, tangisan dan keluh kesah warga, serta rekening dompet bencana.

 

# Antri. Di saat terjadi bencana gempa dan tsunami yang mematikan, warga Jepang tetap mengantre dengan tertib baik di supermarket, jalan raya, dan stasiun, bahkan saat menerima bantuan.

 

# Penjarahan. Tidak ada penjarahan toko-toko untuk mempertahankan hidup seperti jamak terjadi di negara2 lain kalau terjadi bencana. Dan toko-toko tetap buka melayani warga, bahkan harga barang ada yg diturunkan.

 

# Profesor di Jepang beri nasehat mahasiswa: Taihen dakedo, isshoni gambarimashoo (saya tahu ini sulit, ayo berjuang bersama) Gambatte Kudasai (ayo berjuang lebih keras).

 

# Jika ada Suami mencari istri yang digulung tsunami. Nenek menyemangati: Gambatte sagasoo! Kitto mitsukaru kara. Akiramenai de (ayo kita cari istrimu, pasti ketemu, jangan menyerah)

 

# Ada istilah di Jepang, #Gambaru: Doko made month nintai shite doryoku suru (bertahan sampai kemana pun + brusaha habis2an). Kalau di Indonesia mirip semboyan: rawe-rawe rantas, malang-malang putung.

 

# Jangan ada seorangpun bersemangat #TijiTibeh (mati siji mati kabeh); satu hancur, maka hancur semua. Kita selamatkan #jepang untuk genrasi nanti.

Inilah beberapa hal positif yang patut kita tiru dari bangsa Jepang. Semoga bangsa Indonesia juga bisa menirunya. Ganbatte! J

Reff:

http://www.islamedia.web.id/2011/03/kultwit-salimsegaf-tentang-ketegaran.html

http://www.detiknews.com/read/2011/03/13/155508/1590676/10/di-tengah-bencana-dahsyat-warga-jepang-tetap-tertib

dan berbagai sumber lainnya J.

 

 

Advertisements

About bung_roy

Seseorang yang sedang mengejar mimpi2 nya. Dan berusaha keras agar mimpi2 tersebut menjadi kenyataan. Berharap suatu saat bisa berhaji dengan bapak-ibu dan istri. Serta punya ambisi untuk bisa menginjakkan kaki pertama di Mekkah sebelum kota2 lain di LN. Mimpi2 yang lain adalah bisa menulis sebuah buku (tapi tentang apa belum tahu, hehe…) dan juga punya usaha di bidang kuliner/ punya semacam butik (kalau yang ini mimpi istri ) atau jenis bisnis lainnya. Dan ingin sekali resign dari pekerjaan setelah itu. Kini sedang berikhtiar serta menunggu doa2 nya diijabah oleh Allah. Aamiin!

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: