//
you're reading...
Pojok religius & nasehat

Keutamaan Bangun Pagi

Bagi sebagian orang, ada yag beranggapan bangun pagi adalah sebuah penderitaan. Bagaimana tidak, jam2 tsb bisa dikatakan adalah waktu yg paling enak buat tidur. Oleh karenanya bangun pagi dianggapnya menyiksa.

Dan tahukah kita bahwa pagi itu adalah waktu yg istimewa? Allah SWT banyak bersumpah dg nama waktu dalam Alquran. Salah satunya dengan waktu fajar atau waktu pagi (QS Al Fajr: 1). Oleh karenanya, sangat dianjurkan bagi kita semua untuk membiasakan bangun pagi. Sebab, banyak keutamaan yg tersirat di dalamnya. Hal tsb dikuatkan Rasulullah SAW salah satu doanya: “ Ya Allah, berkahilah umatku di saat pagi hari”. (HR Ahmad, abu Dawud, Tirmidzi, Nasa’i). hadist ini menunjukkan bahwa waktu pagi adalah waktu yang istimewa dan penuh dg keberkahan.

Tentu saja, keutamaan2 itu tidak kita dapatkan dengan hanya bangun pagi saja, namun mengoptimalkannya dg melakukan berbagai amaliyah-amaliyah ibadah yg memang sengaja Allah sediakan khusus bagi waktu tsb. Dan allah SWT berjanji akan memberikan balasan yg luar biasa bagi yg melaksanakannya.

Shalat sunnah fajar lebih baik daripada dunia dan seisinya.

“ Dua rakaat shalat fajar lebih baik dari dunia dan seisinya” (HR Muslim).

Inilah salah satu kebaikan yg Allah sediakan bagi hamba-Nya yg mau taat dan beribadah di waktu pagi dg melakukan shalat sunnah fajar, sungguh luar biasa.

Pahala shalat Subuh berjamaah seperti pahala shalat malam penuh.

“ Barang siapa shalat Isya’ berjamaah maka seakan-akan dia telah shalat setengah malam dan barangsiapa shalat Subuh berjamaah maka seakan-akan ia telah shalat malam satu malam penuh” (HR Muslim).

Kedudukan shalat subuh berjamaah memiliki tempat tertinggi daripada shalat berjamaah lainnya, karena beratnya tingkat ujiannya. Namun, pahala dan kebaikannya pun sebanding dg tingkat kesulitannya.

Mendapat perlindungan dari Allah SWT

“ Barangsiapa yg shalat Subuh, maka ia berada dalam perlindungan Allah SWT” (HR Muslim).

Satu lagi janji Allah sebagaimana Rasulullah SAW sampaikan, orang yang menunaikan shalat Subuh, ia senantiasa dalam perlindungan Allah SWT.

Mendapatkan cahaya yg sempurna pada hari kiamat.

“ Berilah kabar gembira bagi orang yg berjalan ke masjid di kegelapan, baginya cahaya yg sempurna pada hari kiamat”. (HR Ibnu Majah, Abu Dawud).

Maksud berjalan ke masjid di kegelapan adalah berjalan ke masjid untuk shalat Subuh dan isya’. Oleh Allah SWT, tiap jengkal langkah kaki kita menuju runah Allah di waktu itu akan dihitung sebagai amal kebaikan dan kelak di akhirat Allah menjanjikan cahaya yg sempurna bagi yg melaksanakannya.

Surga dijanjikan

“ Barangsiapa shalat di waktu yg dingin, maka akan masuk surga” (HR Bukhari).

Waktu yg dingin yg dimaksudkan ialah shalat subuh, tidak ada jaminan yg lebih pantas bagi yg melaksanakan selain jaminan surge.

Disaksikan para malaikat

“ Sesungguhnya shalat fajar itu disaksikan malaikat” (QS Al Israa’:78).

Satu kehormatan bagi kita, manakala melaksanakan shalat fajar, para malaikat menjadi saksi kita dihadapan Allah. Rasulullah SAW bersabda: “ Para malaikat malam dan malaikat siang bergiliran dalam mengawasi kalian, mereka berkumpul pada waktu shalat Subuh dan Ashar, lalu mereka pergi ke langit setelah mereka tinggal bersamamu, lalu Allah bertanya kepada mereka. Dia bertanya: Bagaimana kalian tinggalkan hamba-Ku? Mereka menjawab: Kami tinggalkan mereka ketika mereka sedang shalat dan saat kami mendatangi mereka pun sedang shalat (HR Bukhari). –fan-.

(Majalah Donatur Yatim Mandiri Maret 2010, hal.8)

Advertisements

About bung_roy

Seseorang yang sedang mengejar mimpi2 nya. Dan berusaha keras agar mimpi2 tersebut menjadi kenyataan. Berharap suatu saat bisa berhaji dengan bapak-ibu dan istri. Serta punya ambisi untuk bisa menginjakkan kaki pertama di Mekkah sebelum kota2 lain di LN. Mimpi2 yang lain adalah bisa menulis sebuah buku (tapi tentang apa belum tahu, hehe…) dan juga punya usaha di bidang kuliner/ punya semacam butik (kalau yang ini mimpi istri ) atau jenis bisnis lainnya. Dan ingin sekali resign dari pekerjaan setelah itu. Kini sedang berikhtiar serta menunggu doa2 nya diijabah oleh Allah. Aamiin!

Discussion

One thought on “Keutamaan Bangun Pagi

  1. mari budayakan bangun pagi

    Posted by dealer pulsa | 15/02/2011, 12:01 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: