//
you're reading...
Anda Sebaiknya Baca

Mengikat gagasan kita

Gagasan jadi lebih nyata dan terang apabila ditangkap (ditulis).

Jika Anda sudah berpengalaman menulis jurnal gagasan, bacalah buku The Artist’s way: Spiritual Path to Higher Creativity karya Julian Cameron. Cameron menganjurkan teknik khusus yang dinamainya ”halaman pagi”. Dia menyarankan, agar begitu bangun tidur, isilah tiga halaman buku catatan. Tanpa peraturan, tanpa syarat, tanpa batas subjek – Cuma tiga halaman, tentang apapun. Walaupun mungkin Anda merasa tiga halaman sehari terlalu berat, konsep Cameron membuat catatan ringan pada awal hari adalah konsep ampuh yang patut dicoba.

Pada 1920-an, peneliti Catherine Cox meneliti tiga ratus jenius dari sejarah. Dia menyelidiki kehidupan orang2 terkenal seperti Sir Isaac Newton, Thomas Jefferson, dan Johann Sebastian Bach. Dia mencatat bahwa salah satu ciri seorang jenius – dia juga menunjukkan bahwa objek penelitiannya bukan hanya para penulis tetapi juga para jenderal, negarawan, dan ilmuwan – adalah kegemarannya mencatat pemikiran dan perasaan secara fasih dalam buku harian, puisi dan surat kepada sahabat dan keluarga. Dimulai sejak usia dini kegemaran ini merupakan suatu disiplin yang dilakukan oleh “para orang besar” itu sepanjang hidupnya.

Edison, misalnya, menghasilkan sekitar tiga juta halaman catatan dan surat. Dan, kita semua mungkin cukup akrab dengan berjilid-jilid bloknote multidimensi da Vinci yg sarat dengan sketsa dan diagram di samping pemikiran dan gagasannya.

(Super Accelerated Learning, Colin Rose, dkk. Hal. 104).

Advertisements

About bung_roy

Seseorang yang sedang mengejar mimpi2 nya. Dan berusaha keras agar mimpi2 tersebut menjadi kenyataan. Berharap suatu saat bisa berhaji dengan bapak-ibu dan istri. Serta punya ambisi untuk bisa menginjakkan kaki pertama di Mekkah sebelum kota2 lain di LN. Mimpi2 yang lain adalah bisa menulis sebuah buku (tapi tentang apa belum tahu, hehe…) dan juga punya usaha di bidang kuliner/ punya semacam butik (kalau yang ini mimpi istri ) atau jenis bisnis lainnya. Dan ingin sekali resign dari pekerjaan setelah itu. Kini sedang berikhtiar serta menunggu doa2 nya diijabah oleh Allah. Aamiin!

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: