//
you're reading...
CasCIscUS

Memberi nama anak

Memberikan nama pada anak memang gampang-gampang susah. Apalagi kalau nama yang kita berikan pada anak kita adalah nama yang memiliki arti bagus, unik dan tidak pasaran (maksudnya bukan dijual di pasar  hehe..tapi sering digunakan orang untuk member nama pada anaknya, contohnya Agus, Arif dll … #hanya contoh ya, bukan bermaksud tendensius ataupun merusak pasaran…:P). Syukur-syukur nama yang kita berikan bisa kedengaran enak (easy listening) dan terkesan modern (up to date, tidak jadul).

Sebenernya ada beberapa tuntunan/ pedoman yang harus diperhatikan dalam pemberian nama anak.  Di blog-blog yang bertebaran di dunia maya sudah banyak yang menulis tentang hal ini, lebih jauh bisa dilihat disini>>   http://media-islam.or.id/2008/02/01/memberi-nama-bayi-anak-secara-islami/

Tapi yang saya tekankan dan sampaikan disini hanya masalah arti dari nama tersebut.  Jangan sampai nama yang kita berikan tersebut memiliki makna/ arti yang jelek. Karena bagi sebagian orang nama adalah doa/ perwujudan harapan orang tua kepada anak tersebut. Contoh nya bagi orang tua yang menginginkan anaknya cantik maka mereka menamai anaknya dengan Jamilah, kalau ingin anaknya kelak jadi orang yang pintar biasanya mereka menamai anaknya dengan nama Dzaky (lk)/ Dzakiyah (pr). Ataw bisa juga member nama anak dengan nama orang/ tokoh yang sudah ada dengan harapan anaknya kelak bisa meniru/ seperti tokoh yang namanya diberikan kepada anak mereka, contonya Muhammad, Habibi, Salman Alfarisi, Imam Ghozali,  Fathimah, Aisyah dan nama-nama lainnya yang sudah diketahui ketokohannya dan kesuksesannya dalam bidangnya.

Dalam memberikan nama anak pun saya bingung juga. Kenapa? Pertama, setiap saya menemukan nama yang bagus dan sudah “sreg”di hati…eh, ternyata nama tersebut sudah ada yang memakai. Entah itu anaknya temen, atau anak tetangga, atau bahkan anak saudara. Kedua, saya bukan pujangga….hehe,   enggak ding.

Alhamdulillah, sekarang istri saya sudah hamil sekitar 9 bulan dan perkiraan akan melahirkan tanggal 21 September 2010. Makanya saya harus mempersiapkan segala hal, dan yang dibahas disini adalah nama anak. Awalnya sih saya menginginginkan anak laki-laki, tetapi berdasarkan hasil USG ( usg apaan yah??? # pura2 ga tau mode on atw emang ga tau yah? hehe….) ternyata perkiraannya adalah perempuan. Tetapi ada baiknya kita menyiapkan nama dua buah, satu nama untuk anak laki-laki dan satunya buat anak perempuan. Jaga-jaga kalo perkiraan dokter meleset.

Langsung saja, untuk nama anak laki2, saya menginginkan namanya adalah GAZA atau FAQIH. Sedangkan untuk nama perempuan, setelah searching2 di internet untuk mencari nama yang cocok, unik (dan tentu saja tidak pasaran) akhirnya ketemu juga nama SHEZA. Berdasarkan artinya, gaza adalah nama sebuah tempat di Palestina yang menjadi symbol perlawanan terhadap Israel, sedangkan faqih artinya mengerti/ memahami (tentu saja memahami masalah ilmu). Adapun sheza menurut yang saya peroleh di internet berarti orang yang religious. Dari kata2 tersebut akhirnya ketemulah rangkaian seperti dibawah ini:

Untuk Laki-laki Untuk Perempuan
Fahril Nawaz AlbiruniGaza Ahmad Alfarisi

Izzuddin Ahmad Albiruni

Faqih Ahmad Izzuddin

Muhammad Fauzan Haqi*(

Sheza Aquila FathinaSheza Aquila Hasna

Sheza Aquila Hafsa

Sheza Adzkiya Fathina

Sheza Adzkiya Zayna

Adapun arti kata dari nama-nama tersebut kurang lebih adalah:

Fahril: kebanggaan (bhs islami)

Nawaz: pangeran yang dermawan (bhs islami)

Albiruni: ilmuwan muslim di berbagai bidang

Izzuddin: kemuliaan agama (bhs islami)

Ahmad: terpuji (bhs arab)

Faqih: orang yang sangat paham (bhs islami)

Sheza: gadis yg religious (bhs islami)

Aquila: elang (bhs latin)

Fathina: cerdas (bhs arab)

Hasna: kuat (bhs arab), cantik-indah (bhs islami)

Hafsa: adil (bhs arab)

Adzkiya: cerdas (bhs arab)

Zayna: cantik (bhs arab)

Sumber: http://www.melindahospital.com/index.php

Jadi, yang mana ya bagusnya????

Advertisements

About bung_roy

Seseorang yang sedang mengejar mimpi2 nya. Dan berusaha keras agar mimpi2 tersebut menjadi kenyataan. Berharap suatu saat bisa berhaji dengan bapak-ibu dan istri. Serta punya ambisi untuk bisa menginjakkan kaki pertama di Mekkah sebelum kota2 lain di LN. Mimpi2 yang lain adalah bisa menulis sebuah buku (tapi tentang apa belum tahu, hehe…) dan juga punya usaha di bidang kuliner/ punya semacam butik (kalau yang ini mimpi istri ) atau jenis bisnis lainnya. Dan ingin sekali resign dari pekerjaan setelah itu. Kini sedang berikhtiar serta menunggu doa2 nya diijabah oleh Allah. Aamiin!

Discussion

2 thoughts on “Memberi nama anak

  1. jadinya siapa nama anaknya Pak?
    nama anakku Najwa Adzkiya Faizal ^_^

    Posted by naya | 14/12/2011, 4:37 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: